Provided by | wangontinoe: KULINER CILACAP wangontinoe: KULINER CILACAP | Gratis software Yamaha Keyboard Midi Dangdut koplo campursari style yamaha omb player streaming audio cctv live tv radio Facebook wangontinoe antivirus |

KULINER CILACAP

 Kabupaten Cilacap yang terdiri dari daratan dan lautan menpunyai pesona kuliner yang khas diantaranya :
01. Tempe Mendoan
     Tempe mendoan merupakan tempe yang khas wilayah Banyumas termasuk Cilacap. Bentuknya lebar dan tipis.

Biasanya digoreng sebentar dengan bumbu tepung sampai berwarna agak kehijauan. Tidak mentah dan tidak terlalu matang disebut digoreng dengan cara mendo.
Cara menyantapnya panas-panas dengan cabe rawit hijau. 
Bisa juga untuk lauk makan atau tambahan makan lotek dan soto.
Dapat dijumpai di pasar- pasar, jln. A Yani, jln. Sutoyo dan lain-lain.

02. Lontong Opor Cilacap
Lontong opor Cilacap sangat khas yaitu lontong yang disiram dengan kuah opor kental ditambah bumbu kacang. Rasanya sangat nikmat dan gurih. Dapat dijumpai di jln. A Yani.

03. Serabi Cilacap
Serabi Cilacap dibuat dari tepung, gila merah, kelapa dan santan. 

Dimasak dengan wajan kecil dari tanah liat di atas tungku kecil dengan bara arang. Bentuknya lebar dan bundar warna putih di tengahnya coklat dengan rasa gurih dan manis. 
Biasanya dijual pada waktu subuh hingga pagi hari. 
Dapat dijumpai di jln. A Yani, jln. Sudirman dan lain-lain.

04. Tahu Masak / Tahu Kecap
Yaitu gabungan tahu goreng, lontong, tauge dan kerupuk merah yang disiram dengan kuah.
Rasanya sangat enak dengan rasa kuah yang dominan dengan bawang putih. Dapat dijumpai di jln. Anggrek pada malam hari.

05. Mi Pangsit
Mi Pangsit Cilacap terkenal karena kelezatannya. Yaitu mi dan sawi rebus, potongan ayam, bumbu dan kuah. Dapat dijumpai di banyak tempat di Cilacap.

06. Mi Goreng dan Nasi Goreng
Mi goreng dan nasi goreng Cilacap terkenal karena enak dan gurih. Bumbu-bumbunya sangat berani. Mienya dibuat dari mi keriting atau mi yang lebih kecil sehingga tidak eneg. Banyak wisatawan dari luar Cilacap menggemarinya. Dapat dijumpai di banyak tempat.

07. Es Campur
Di Cilacap es campur terbuat dari buah yang sudah dibuat seperti manisan dengan santan yang kental. Sangat khas sekali. Dapat dijumpai di jln. Wiratno.

08. Seafood
Sebagai kabupaten pelabuhan perikanan wilayah Cilacap tentu sangat kaya akan hasil laut. Menu-menu khas laut seperti ikan, udang, cumi, kerang banyak dijumpai terutama di pantai.

09. Soto Sokaraja
Soto Sokaraja merupakan soto yang khas wilayah Banyumas dan sekitarnya. Ada 2 macam yaitu soto ayam dan soto babat. Biasanya terdiri dari toge, soun, ayam / babat, kobis, kerupuk merah, lontong / nasi dengan kuah warna coklat dari santan tipis dan sambel kacang. Rasanya sangat nikmat. Kadang-kadang dinikmati bersama tempe mendoan atau tempe gembus.

10. Tempe Gembus
Tempe gembus merupakan jajanan khas Cilacap dan sekitarnya. Bentuknya seperti donat dengan tengah yang bolong. Terbuat dari singkong. Sekarang sudah jarang dijumpai. Biasannya penjualnya hanya ada ketika ada hajatan besar.

11. Tempe Dages
Tempe dages terbuat dari ampas bahan tahu. Warnanya abu-abu, bentuk persegi dan padat. Digoreng dengan dilapisi tepung. Rasanya gurih. Biasanya dijual bersama tempe mendoan, pisang goreng dan tahu brontak.

12. Mi Ayam
Mi ayam Cilacap banyal dipengaruhi oleh masakan China. Minya berwarna putih dengan sawi rebus, ayam dan kuahnya dipisah. Biasanya ditambah sendiri dengan saus tomat, kecap dan sambal. Rasanya enak dan gurih. Dapat dijumpai di jln. A Yani.

13. Tahu Brontak
Asal usul nama brontak tidak jelas. Bentuknya segitiga tengahnya diisi potongan wortel dan taoge. Biasanya tahunya berwarna kuning dan digoreng dengan tepung.Sangat nikmat bila dimakan dalam keadaan panas dengan cabe rawit. Banyak dijumpai pada penjual mendoan.

14. Gudeg Cilacap
Gudeg identik dengan Jogja. Merupakan makanan khas Jawa Tengah dan Jogja. Di Cilacap juga terdapat gudeg dengan ciri khas agak basah dan tidak terlalu manis. Dapat dijumpai di jl. Laut, jl. Sudirman, jl. Sutoyo jl. Martadinata.

15. Sate Ayam
Sate ayam Cilacap terbuat dari daging ayam yang sudah direbus dengan bumbu dan setelah itu dibakar. Disantap dengan bumbu kacang. Banyak dijumpai di Cilacap. Ada lagi sate ayam yang terkenal yaitu sate ayam Martawi. Ciri khasnya yaitu tusuk satenya ada 2 sehingga ketika dibakar daging benar-benar matang. Dijumpai di jl. S Parman, jl. Katamso dan jl. Gatot Subroto.


16. RW Cilacap
RW Cilacap dibuat dari daging anjing yang dimasak seperti rica-rica tapi agak manis. Diduga makanan ini
dibawa masuk Cilacap oleh para tentara NICA dari Maluku pada perang kemerdekaan dan dimodifikasi
oleh penduduk Cilacap. Dapat dijumpai di jl. Anggrek, jl. Tengger, jl. Laut, jl. Sutoyo, jl. Veteran.

0 komentar :


Poskan Komentar