Oleh-Oleh Khas CILACAP

              Cilacap sebagai kabupaten yang kaya akan hasil laut dan hasil pertanian tentu mempunyai kekhasan dalam kuliner terutama untuk oleh-olehnya. Bisa dijumpai di toko-toko oleh-oleh di Cilacap seperti di sekitar pantai, terminal, pasar, jl A Yani, jl Bakung dan lain-lain.

01. Ikan Asin

Di Cilacap produksi hasil laut berlimpah. Segala hasil laut mulai ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, teripang dan kerang banyak dijumpai dan sebagian diasinkan. Mulai dari yang besar hingga yang kecil seperti teri. Bisa dijumpai di pantai-pantai Cilacap.

02. Jambal Roti
Jambal roti adalah ikan asin yang terbuat dari ikan jambal. Disebut demikian karena dagingnya yang besar dan gurih dan ada yang sudah dipotong-potong seperti roti.

03. Sambal Tuna
Sambal tuna biasanya dikemas dalam kaleng seperti sarden. Menggunakan bahan dasa ikan tuna. Rasanya gurih dan pedas. Cocok untuk lauk atau campuran nasi goreng.

04. Nopia
Nopia merupakan jajanan khas Banyumas termasuk Cilacap. Bentuknya bulat berwarna putih dan berisi campuran gula merah. Rasanya enak. Cara menbuatnya unik yaitu ditempelkan pada kuali panas.

05. Lanting
Bentuknya yang lucu seperti donat dengan tengah yang bolong tetapi kecil dan keras. Lanting terbuat dari singkong dengan cara digoreng. Kebanyakan berwarna putih tetapi ada juga yang berwarna merah.

06. Abon Tuna
Ciri khas abon tuna ialah rasanya yang gurih dan kentara sekali serat-serat daging ikan tunanya. Berwarna coklat seperti abon pada umunya. Cocok sekali untuk lauk atau pelengkap pada makan lain.

07. Terasi
Hampir setiap daerah pantai mempunyai terasi. Yang membedakan terasi Cilacap ialah rasanya yang beraneka ragam. Sangat cocok untuk campuran sambal.

08. Sambal Teri dan Sambal Udang
Sambal teri dan sambal udang merupakan sambal yang khas dengan rasa yang pedas dan gurih. Cocok untuk lauk atau campuaran makanan lain seperti nasi / mi goreng.

09. Selai Pisang
Selai Pisang merupakan jajanan khas Cilacap. Dibuat dari pisang yanmg dikeringkan. Rasanya gurih dan manis. Cocok untuk makanan ringan. Ada yang dimodifikasi dengan digoreng dan ditaburi keju atau coklat.

10. Kripik Tempe
Merupakan jajanan khas Banyumas termasuk Cilacap. Kripik tempe dibuat dari tempe mendoan yang digoreng hingga kering. Bentuknya tipis persegi dan warna coklat. Rasanya gurih dan renyah. Cocok untuk disantap sendiri atau pelengkap makan nasi, soto dan mi.

11. Kripik Bayam
Kripik bayam merupakan jajanan khas Cilacap. Dibuat dari bayam yang digoreng dengan tepung. Rasanya gurih renyah dan tentu saja menyehatkan karena berbahan dasar bayam. Bentuknya yang tipis dengan warna coklat hijau tentu saja sangat disukai anak-anak. Cocok dimakan tunggal atausebagai campuaran makan nasi atau soto.

12. Stik Sukun dan Kripik Sukun
Cilacap selain kaya akan hasil lautnya juga mempunyai produk unggulan dibidang pertanian yaitu sukun. Buah sukun terkenal sampai ke luar negeri sampai-sampai Ratu Inggris pernah menyebutnya sebagai buah roti. Buah sukun yang pada dasarnya sudah enak dan gurih seperti roti lebih enak lagi bila diolah. Di Cilacap buah sukun banyak diolah menjadi stik dam kripik. Kripik sukun berbentuk tipis sementara stik sukun berbentuk panjang persegi. Diolah dengan cara digoreng. Rasanya sangat gurih dan renyah.

Komentar