Provided by | wangontinoe: "Bahan Bakar" yang Mendorong Konsentrasi Otak wangontinoe: "Bahan Bakar" yang Mendorong Konsentrasi Otak | Gratis software Yamaha Keyboard Midi Dangdut koplo campursari style yamaha omb player streaming audio cctv live tv radio Facebook wangontinoe antivirus |

"Bahan Bakar" yang Mendorong Konsentrasi Otak

Dark chocolate ternyata memiliki kandungan yang baik untuk menambah konsentrasi dan daya kerja otak.

        Sering merasa "lemah otak"? Mungkin Anda kekurangan asupan untuk bahan bakar otak untuk bekerja maksimal. Berikut makanan-makanan yang bisa membantu Anda. Seiring bertambahnya usia, tingkat maksimalitas tubuh kita pun berkurang. Namun, kabar baiknya, Anda bisa meningkatkan kemungkinan untuk menjaga kesehatan otak, jika Anda menambahkan makanan-makanan "bahan bakar" untuk daya konsentrasi berikut ini:

Kafein
Tak ada peluru "ajaib" yang bisa membuat IQ Anda melonjak dan menambah kepintaran. Namun, ada zat-zat tertentu, seperti kafein, bisa membantu menambah energi untuk membuat Anda lebih fokus dan berkonsentrasi. Kafein bisa ditemukan pada kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa obat-obatan. Kafein bisa membuat Anda lebih "melek", meski efeknya hanya sejenak, dan perlu diperhatikan, bahwa terlalu banyak kafein bisa membuat tubuh gemetaran dan tidak nyaman.

Gula untuk menambah kepekaan
Gula, merupakan "bahan bakar" yang dicari dan dibutuhkan oleh otak kita. Namun bukan gula meja, melainkan glukosa, yang dimetabolismekan tubuh dari gula dan karbohidrat yang kita makan. Karena itulah mengapa segelas minuman manis bisa mendorong memori, proses berpikir, dan kemampuan mental Anda. Namun sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi gula juga bisa merusak daya ingat, juga tubuh Anda. Jadi, kurangi asupan gula agar ia tetap bisa menambah kemampuan memori, tanpa menambah bobot tubuh.

Koneksi antara protein dan fungsi otak
Salah satu keuntungan protein adalah secara garis besar bisa membantu Anda merasa lebih kenyang ketimbang karbohidrat dan lemak. Mengkonsumsi asupan yang kaya akan protein rendah lemak, sangat baik untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan, meksi sulit untuk mencari hubungannya dengan fungsi otak.

Ikan sebagai makanan otak
Sumber protein yang diasosiasikan dengan mendorong kekuatan otak, adalah ikan. Ikan kaya akan asam lemak esensial omega 3, yang penting untuk fungsi otak dan perkembangannya. Lemak sehat ini sangat baik untuk kekuatan otak, asupan omega 3 yang tinggi ditengarai bisa menurunkan risiko demensia dan stroke, memperlambat penurunan mental, dan memiliki peran penting dalam menambah kekuatan memori, khususnya saat kita bertambah usia. Untuk otak dan jantung yang sehat, konsumsilah dua porsi ikan per minggunya.

Dosis kacang dan cokelat harian
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber yang baik untuk antioksidan vitamin E, yang merupakan bahan penting untuk memperlambat penurunan kognitif seiring pertambahan usia. Cokelat hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat, juga memiliki stimulan alami, seperti kafein, yang bisa meningkatkan fokus, serta konsentrasi. Tambahkan konsumsi satu ons kacang-kacangan dan dark chocolate untuk memberikan semua keuntungan yang Anda butuhkan tanpa kalori, lemak, atau gula yang berlebihan.

Alpukat dan whole grains
Setiap organ pada tubuh bergantung pada aliran darah, khususnya jantung dan otak. Mengasup whole grains dan buah alpukat bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan menambah aliran darah, menawarkan cara yang mudah dan enak untuk menyalakan sel-sel otak. Whole grains, seperti popcorn dan makanan whole wheat mengkontribusikan serat dan vitamin E, sementara alpukat, mengandung lemak yang baik, yakni monounsaturated (lemak tak jenuh) yang membantu aliran darah yang sehat.

Menu sehat
Jika menu makanan Anda kekurangan nutrisi esensial, hal tersebut bisa menurunkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Terlalu banyak atau kekurangan makanan juga bisa memengaruhi kemampuan Anda untuk berfokus. Makanan yang terlalu berat bisa membuat Anda merasa lelah, sementara kekurangan kalori bisa membuyarkan rasa perih saat lapar. Berikan bantuan pada otak Anda dengan membuat diet seimbang yang sehat, penuh variasi, dan mengenyangkan.

Vitamin, mineral, dan suplemen?
Rak-rak toko penuh akan suplemen yang mengaku bisa mendorong kesehatan. Meski banyak yang melaporkan bahwa vitamin B, C, W, beta-karoten, dan magnesium bisa mendorong fungsi otak, namun hasil ini masih belum konklusif. Para peneliti optimis akan fungsi ginseng, ginkgo, atau kombinasi vitamin, mineral, dan herbal untuk kebaikan fungsi otak. Multivitamin harian memang baik, namun jangan lupa untuk mengeceknya kepada dokter Anda.

Bersiap untuk menghadapi hari
Ingin mendorong kemampuan Anda untuk berkonsentrasi? Mulailah hari Anda dengan jus buah asli, roti whole grain dengan salmon, juga segelas kopi. Untuk menyeimbangkan asupan Anda, para ahli juga menyarankan; tidur nyenyak, berolahraga untuk menajamkan pikiran, juga bermeditasi untuk menyegarkan pikiran, serta relaksasi. Sumber : female.kompas.com

0 komentar :


Poskan Komentar